STRATEGI OPERASIONAL PERUSAHAAN MENUJU PERUSAHAAN KELAS DUNIA PT. TIRTA INVESTAMA ( DANONE-AQUA )



CORPORATE STRATEGY



Mahfud Zunaedi
P2CC08117
  1. Stability
Untuk menjaga kestabilan product perusahaan, PT. Tirta Investama Wonosobo selalu konsisten terhadap sistem-sistem yang saat ini sudah dimiliki yaitu  ISO 9001-2000, HACCP / ISO 22.000-2005, ISO 14001, SJH ( Sitem Jaminan Halal ), GMP ( Good Manufacture Product ) – NSF, GREEN, BIOVIGILANCE AND TRACEABILITY, WISE ( Sistem Safety ), dan masih banyak lagi sistem-sistem internal, yang dibuat untuk kemajuan perusahaan. Disamping itu perusahaan juga mengimplementasikan sistem SAP untuk mengontrol raw material, proses produksi dan output produksi.
Program lain yang berhubungan dengan lingkungan adalah program CSR, banyak kegiatan yang sudah dilakukan dalam program CSR, seperti: 
*      Penamanan Satu juta pohon di pengunungan Dieng,
*      Penanaman tanaman buah didesa Kejiwan ( desa terdekat dengan pabrik ) kepada masing-masing penduduk diberikan dua bibit tanaman buah untuk ditanam disekitar rumahnya,
*      Program Hutan Sekolah, yaitu memberikan bibit-bibit dan tempat penampakan bibit tanaman  ke sekolah-sekolah disekitar pabrik, setelah siap ditanam bibit-bibit tanaman tersebut dibeli oleh perusahaan atau boleh juga dijual kemasyarakat.
*      Program Lestari Desaku, yaitu membuat lokasi pengolahan sampah di desa Kejiwan. Dimana pada awalnya perusahaan membimbing masyarakat sampai bisa membuat kompos padat, setelah itu pengolahan sampah diserahkan dan dikelola masyarakat itu sendiri, termasuk product kompos padatnya.
Dari kegiatan perusahaan diatas menggambarkan perusahaan mempunyai Strategi untuk menjaga kestabilan product maupun sumber air sebagai bahan baku utama perusahaan tetap terjaga dan selalu dapat dukungan dari masyarakat sekitar termasuk Pemerintah Daerah.
  1. Growth
Perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun selalu meningkat, hal ini bisa dilihat dari output product yang dihasilkan perusahaan yang selalu bertambah, untuk itu strategi dalam menghadapi perkembangan pasar yang semakin banyak dan persaingan yang ketat dengan competitor adalah menerapkan program TPM ( Total Productive Maintenance ). Semua perusahaan ingin menjadi yang terbaik dibidangnya sehingga penerapan program TPM ini sangat sesuai dengan persaingan dunia usah saat ini. Tujuan dari program TPM ini adalah menjadi PT. Tirta Investama menjadi perusahaan berkelas dunia.
Ciri-ciri World Class Organization sesuai modul TPM:
§  Clear operational strategy
§  Key success factors defined
§  Performance measurement
§  Multidisciplinary teams
§  Standardized work
§  Focused training
§  Technology
§  product research and development
§  Customer requirements and quality
§  Continuous improvement and waste elimination
§  Industry benchmarks

Dalam TPM ini pemberdayaan karyawan menjadi prioritas, dimana tugas / job karyawan disesuaikan dengan modul yang ada pada program TPM. Dimulai dari pembentukan kelompok-kelompok karyawan ditingkat bawah sebagai dasar untuk implementasi program. Tugas supervisor dipertajam lagi menjadi Coach Skill ( membimbing penguasaan kemampuan karyawan tingkat bawah ) dan High Coach Skill  ( guna memantapkan implementasi program ). Jika karyawan yang paling bawah sudah mengerti tentang visi, misi, strategi perusahaan maka manajemen akan mudah mencapai goal yang telah ditetapkan.

  1. Retrenchment
Perusahaan yang berkembang dengan baik, selalu memperhatikan faktor-faktor pemborosan yang terjadi diperusahaan. Berawal dari kelompok-kelompok kecil yang anggotanya karyawan ditingkat bawah kemudian berkembang pada tugas dan tanggung jawab masing-masing kelompok tersebut. Setiap kelompok diberikan tugas untuk menyelesaikan masalahnya sendiri-sendiri ( best practice ). Masalah yang diambil dipilih terlebih dahulu mana yang lebih penting menggunakan analisa Loss and Wise. Ini merupakan strategi perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang ada diperusahaan. Masalah-masalah yang ada sudah diselesaikan dibagiannya masing masing sehingga lebih efektif dan effisien.






0 komentar:

Posting Komentar

categories

Tugas mm24 One Line Description Avatar Logo Lembar tugas adalah kumpulann dari hasil karya mahasiswa MM Unsoed angkatan 24 atas tugas yang diberikan oleh dosen selama mengikuti perkuliahan. Harapannya lembar tugas ini dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan khususnya ilmu manajemen.

Blogger Buster LogoSmashing Logo© Tugas mm24.