FUNCTIONAL STRATEGY STROKE CENTER HOSPITAL


NANIK HARJANTI
P2CC08109


Strategi fungsional adalah strategi yang lebih bersifat teknis yang merupakan rumusan arahan dan pedoman dalam operasional. Startegi tersebut terdiri dari 6 jenis, yaitu:
1.    Strategi produksi, strategi ini untuk menetapkan apa yang menjadi produk unggulan, produk kompetitif, produk baru, sesuai dengan kompetensi pokok yang dimiliki.
2.    Strategi pemasaran, strategi ini untuk menetapkan pasar mana yang akan digarap, kondisi pasar yang bagaimana yang akan diinginkan, dan lain sebagainya.
3.    Strategi promosi, strategi ini merupakan kelanjutan dari pemasaran dan produksi, dimana promosi apa yang dihendak diluncurkan, media apa yang akan digunakan untuk promosi dan sebagainya.
4.    Strategi keuangan, dimana berkaitan dengan pendanaan serta ketersediaan dana baik untuk produksi, pemasaran  dan bagian fungsional lainnya. Dari mana dana tersebut didapat dan bagaimana penggunaannya.
5.    Strategi sumber daya manusia (SDM), merupakan strategi yang penting dan harus mencakup seluruh fungsi manajemen. Pemilihan SDM yang tepat dan berkompeten pada bidang yang tepat sangat lah diperlukan.
6.    Startegi fungsional lainnya, ini berkaitan dengan pihak luar seperti suplier, konsultan, agen dan lain sebagainya dengan memperhatikan transparansi, kejujuran, dan keterbukaan.
Pada Stroke Center Hospital dalam strategi produksi sudah jelas produk unggulannya adalah pelayanan pendererita stroke secara komprehensif yang dilakukan dengan menggunakan sistem  cluster. System cluster adalah system pelayanan penderita stroke yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari dokter spesialis penyakit dalam, spesialis saraf, spesialis rehabilitasi medic, spesilais bedah saraf, ahli gizi, farmasi klinik, fisioterapi dan seorang arsitek.
 Strategi pemasaran yang dipilih adalah menentukan segmentasi pasar dari Stroke Center Hospital dari kalangan atas dengan pertimbangan kalangan atas adalah kalangan yang telah melek tehnologi karena rumah sakit ini dibangun berdasarkan tehnologi. Salah satu aplikasi tehnologi yang dibuat adalah setiap penderita stroke yang melakukan pengobatan di Stroke Center Hospital akan mendapatkan kartu member atau kartu kontrol dimana setiap kali kunjungan akan mendapatkan tiga kali fasilitas konsultasi dengan dokter melalui video call. Kartu ini memiliki PIN yang berbeda untuk setiap pasien dan hanya dapat digunakan untuk tiga kali konsultasi sehingga dimanapun pasien dan dokter berada dapat tetap melakukan konsultasi.
Strategi fungsuional pada strategi produksi dan pemasaran di Stroke Center Hospital menggunakantermasuk dalam strategi fungsional dengan Technological leadership yaitu akan menggunakan system yang berbasis tehnologi yang belum pernah dilakukan oleh rumah sakit yang telah ada.

0 komentar:

Posting Komentar

categories

Tugas mm24 One Line Description Avatar Logo Lembar tugas adalah kumpulann dari hasil karya mahasiswa MM Unsoed angkatan 24 atas tugas yang diberikan oleh dosen selama mengikuti perkuliahan. Harapannya lembar tugas ini dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan khususnya ilmu manajemen.

Blogger Buster LogoSmashing Logo© Tugas mm24.